Assalamualaikum,Wr,Wb.Selamat datang semeton lek blog tiang sak sederhana niki, semoga arak manfaat tipak pelungguh, lamun arak komentar sak sifatne membangun, tiang ucapin terimakasih

TINTA KATRID PRINTER TIDAK BISA KELUAR


Hasil gambar untuk cara perbaiki katrid printer tidak bisa keluar tinta

  1. Pastikan tinta masih ada, coba diingat-ingat kembali kapan terakhir mengisi tinta ke dalam tabung tinta (cartridge) dan berapa banyak yang sudah dicetakknya. Jika sudah waktunya mengisi tinta, silakan isi tinta ke dalam tabung maksimal sekitar 3 ml, jangan berlebihan, karena tinta akan meluap dan bocor pada bagian bawahnya. Jika menggunakan sistem infus, cek apakah tinta dalam botol masih ada atau sudah habis, pastikan aliran tinta pada selang tidak ada yang terputus oleh gelembung udara, jika ada gelembung udara, buka penutup tabung infus dan coba keluarkan udara yang terperangkap pada selang infus.
  2. Jika tinta sudah ada, namun tetap tidak keluar. Coba lepaskan cartridge dan lihat pada bagian bawahnya (head) apakah ada tinta, atau tintanya meluber, coba dilap dengan kertas tisu secara lembut, kemudian pasang kembali cartridge ke tempatnya. Lakukan tes cetak kembali.
  3. Setelah dicoba tetap tidak mau keluar tulisannya, coba di tingkatkan kualitas cetakknya ke yang lebih tinggi (high) dari menu Properties, kemudian pilih tab Utama atau Advanced, selanjutnya ganti dari Standar (N) menjadi Tinggi atau High (G). Tekan tombol OK, dan coba lakukan pencetakan kembali.
  4. Jika masalah belum juga teratasi, coba lakukan pemeriksaan mulut semprot dari tab Maintenance atau Perawatan, selanjutnya pilih tombol "Pembersihan" maupun "Pembersihan Tingkat Dalam". Apakah sudah dapat menampilkan tulisan pola kotak-kotak, jika iya, coba lakukan pencetakan kembali.
  5. Jika tinta belum juga mau keluar atau tidak ada tulisan sama sekali, coba bersihkan cartridge dengan cara merendam bagian bawahnya ke dalam air panas atau ke dalam cairan pembersih khusus tinta mampet atau nyumbat. Jika belum juga berhasil coba buka penutup cartridge bagian atas dengan benda pipih dan cuci bagian dalam cartridge serta lepaskan dan bersihkan juga busa yang ada di dalamnya dari tinta serta bagian bawah/tempat tinda keluar juga dibersihkan dengan air keran yang mengalir deras. Selanjutnya dilap atau keringkan sisa-sisa air, selanjutnya diisi kembali dengan tinta sekitar 2-3 ml, dan lakukan pencetakan ulang. Jika belum berhasil, coba ulangi langkat pembersihan seperti di atas yaitu dari tab "Maintenance/Perawatan". MUDAHAN SUKSES

0 comments: